Halaman

Kamis, 27 Maret 2014

Arung Jeram Di Sungai Alas, Gunung Leuser, Aceh

Taman Nasional di Aceh ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi 3404 meter di atas permukaan laut, meliputi ekosistem  dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diselimuti oleh hutan tropis yang lebat.

Bagi anda penggemar tantangan, anda dapat menyusuri keganasan Sungai Alas yang terletak 165 km Tenggara Takengon ditengah hutan rimbun Taman Nasional Gunung Leuser. Sungai ini mengalir deras berkelok-kelok disertai jeram-jeramnya ke Samudera Hindia.


    

Biasanya perjalanan mengarungi Sungai Alas ini selama 6 jam. Ditengah perjalanan Anda dapat beristirahat di titik-titik tertentu melewati perkampungan tradisional dan boleh jadi juga anda dapat bertemu dengan hewan yang sedang turun minum di tepi sungai, seperti monyet, gajah, burung dan rusa.

Anda dapat mulai mengarungi sungai ini melalui Muarasitulan di Kutacane hingga ke Gelombang dan bagi anda yang sudah professional dapat memulai start dari Angusan dekat dengan Blangkejeran.

Transportasi  :   Menuju Sungai Alas dapat ditempuh melalui dua jalur.

Pertama, jalur darat dari Medan melalui Brastagi dengan waktu tempuh 7 jam.

Kedua, jalur darat melalui Banda Aceh, Takengon, dengan waktu tempuh 14 jam.


Pilihan paling sederhana ke Sungai Alas menggunakan pesawat berbadan kecil melalui Bandara Alas Leuser kemudian lanjutkan perjalanan darat yang lebih dekat rutenya.

Akomodasi

Apabila Anda melakukan pengarungan lebih dari satu hari, anda dapat beristirahat dan memasang tenda di tepi sungai Alas sambil membakar ikan.

Anda juga dapat menginap sambil menikmati suasana hutan yang asri di penginapan  pinggir hutan dekat sungai, tepatnya 15 kilometer arah Barat  Blankenjeren di distrik Gayo Lues. 

Di sini tersedia beberapa gubuk kayu panggung yang masing-masing menampung dua orang. Setiap pondok mempunyai kamar yang luas dan balkon. Ongkos menginap per malamnya sekitar Rp70 ribu per orang. Untuk makan malamnya dikenakan biaya Rp30 ribu per orang sedangkan sarapan Rp15 ribu per orang.


Wisma Cinta Alam dengan dua bungalow di Ketambe yang terletak antara jalan utama Kutacane dan Blangkejeren.

Tips  :   Tindakan pencegahan terhadap malaria penting. Namun jika terjadi infeksi Anda harus menghubungi dokter terdekat. Anda juga perlu memastikan asuransi  kesehatan jiwa Anda.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar