Halaman

Sabtu, 06 April 2013

Taman Nasional Wakatobi {Sulawesi Tenggara}


Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara) 


Pulau HogaTaman Nasional Wakatobi
Wakatobi sebenarnya adalah kepanjangan dari Wangi wangi - Kaledupa - Tomia - Binongko, yaitu nama 4 pulau utama di laut tenggara Sulawesi. Taman Nasional Wakatobi atau disebut juga Kepulauan Wakatobi memiliki wilayah yang mencangkup 4 pulau tersebut dan beberapa pulau kecil lain disekitarnya. Lokasinya yang terletak di pusat segitiga karang dunia [coral triangle centre] membuat Taman Nasional Wakatobi sangat kaya akan keanekaragaman hayati bawah laut dan terumbu karang. bahkan Wakatobi tercatat sebagai wilayah yang memiliki keanekaragaman terumbu karang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

untuk keseluruhan spesimen, Taman Nasional Wakatobi memiliki sekitar 700 spesies bawah laut.. jumlah tersebut jauh lebih tinggi daripada perairan Karibia yang hanya mempunyai sekitar 100 spesies. karena itulah Wakatobi merupakan surga bagi para penggemar diving dan snorkling, berbagai jenis ikan dan terumbu karang dapat kita saksikan di taman bawah laut Wakatobi, kita bisa menikmati pesona ikan-ikan cantik seperti Napoleon Fish, Baronang, Argus Bintik, Ikan Merah, Ikan Duyung, dan lainnya.. Selain itu, Taman Nasional Wakatobi juga mimiliki pantai-pantai eksotis berpasir putih dengan view yang begitu indah.

Taman Nasional Wakatobi juga merupakan jalur migrasi ikan paus dan lumba-lumba, pada musim tertentu berbagai jenis paus dan lumba-lumba dapat dijumpai dengan mudah di perairan kepulauan Wakatobi dan wisatawan dapat berinteraksi lansung dengan ikan menakjubkan tersebut.

Wangi wangi Island, Wakatobi
Selain eksotisme bawah laut dan pesona pantai yang memukau, daya tarikTaman Nasional Wakatobi lainnya adalah kehidupan sehari-hari Suku Banjau, yaitu masyarakat penghuni kepulauan Wakatobi. Suku Banjau [atau disebut juga Suku Laut] kebanyakan berprofesi sebagai nelayan yang mencari ikan dengan cara tradisional yaitu menggunakan tombak. berdasarkan catatan para penjelajah dari Eropa dan Cina di masa lalu, Suku Banjau merupakan pelaut yang hebat karena mampu berlayar hampir ke seluruh wilayah Asia Tenggara hanya dengan menggunakan perahu tradisional.

Informasi Wisata Taman Nasional Wakatobi : 

Akses : dari arah Kendari [Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara] ada beberapa alternatif untuk menuju TN Wakatobi, pertama dari Pelabuhan Kendari menuju Bau-bau dengan menggunakan speedboat, dari Bau-bau diteruskan dengan menggunakan perahu kayu menuju Wanci [Pulau Wangi wangi].
kedua, dari Pelabuhan Kendari langsung menuju Wanci dengan menggunakan kapal kayu yang berangkat 3 kali seminggu. jarak tempuh antara Pelabuhan Kendari dan Wanci sekitar 10 jam [via perahu kayu].

nb: dari Surabaya, Jakarta, atau kota-kota lain, bisa menggunakan jalur udara untuk langsung menuju Bau-bau. kemudian dilanjutkan ke Wanci [Pulau Wangi-wangi, Pintu Masuk TN Wakatobi]

Tempat tempat menarik :
  1. Pulau Wangi wangi
    • Karang Kapota
    • Pantai Sousu
    • Pantai Patuno [Mata Air Seratus]
  2. Pulau Kaledupa
    • Pulau Hoga
    • Pulau Sombano
  3. Pulau Tomia
    • Pulau Tolandona [Onemobaa]
    • Pantai Letimu
    • Pantai Huntete
  4. Pulau Binongko
    • Pantai Mbara-mbara
    • Pantai Pasir Putih
    • Pantai Palahidu
    • Pantai Haso
nb: di Bau-bau terdapat sebuah bangunan peninggalan kerajaan Buton, bangunan bersejarah tersebut juga menjadi salah satu tempat menarik untuk di kunjungi.

Wakatobi Underwater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar